Cara Niat Semangat Saat Malas Olahraga

Terkadang memang sesuatu hal yang mudah itu lambat-laun akan membuat kita menjadi bosan, apalagi bila dilakukan secara berulang-ulang. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa tak semua orang menyukai olahraga, terutama dilakukan di gym. Sebab kebanyakan orang berpandangan bila aktivitas di gym membosankan dan mudah, sehingga mudah dilupakan serta enggan dilanjutkan.

Tapi banyak juga orang-orang yang mulanya tidak menyukai sama sekali olahraga namun akhirnya begitu termotivasi juga untuk melakukannya. Ingin tahu apa yang membuat mereka bisa sekejap tertarik untuk membuang keringat guna mencari kesehatan?

Jawabannya yaitu, musik. Pastinya kita pernah bukan, melihat seseorang melakukan aktivitas olahraga atau biasanya yang tengah berlari sambil mengenakan headset untuk mendengarkan musik?

Seperti yang disampaikan oleh para peneliti British Columbia University, Kanada, bahwa ketika kita sedang berolahraga, terutamanya saat latihan yang tergolong HIIT (High Intensity Interval Training) seperti contohnya jalan cepat, lari, sprint, angkat beban serta kegiatan serupa yang bertujuan dalam meningkatkan metabolisme ataupun yang memicu pembakaran lemak, ternyata mendengarkan musik terbukti mampu membuat seseorang termotivasi, menikmati sesi berolahraganya dan lebih nyaman ketimbang dengan mereka yang berolahraga tanpa iringan suara musik.

Dalam sebuah studi yang melibatkan sejumlah orang yang ditemui ketika tengah berolahraga pada area sekitar kampus. Pertanyaan diajukan kepada orang-orang yang tengah beraktivitas olahraga sambil mendengarkan lagu serta juga yang tidak, mengenai tingkat kepuasan mereka melakukan kegiatan latihan tersebut berkat adanya atau tanpa adanya iringan lagu.

Kemudian didapat dari sebagian besar individu yang menjawab bahwa, mendengarkan musik membuat kegiatan olahraga jauh lebih menyenangkan serta memjadikan latihannya tersebut lebih menarik, bahkan pada mereka yang sebenarnya tidak begitu tertarik melakukan olahraga secara rutin.

Energi yang terkuras ketika berolahraga tetap banyak, namun bila diimbangi dengan mendengarkan musik, kegiatan olahraga itu secara tidak langsung akan terasa menjadi lebih singkat waktunya. Alunan musik, khususnya dengan irama yang cepat dan kencang mampu menumbuhkan semangat lewat psikis seseorang sekaligus memacu adrenalin.

Faktanya, seseorang akan lebih termotivasi sehingga bergerak mengikuti alunan irama musik serta fokusnya pun dapat teralihkan pada lirik lagu, bukan rasa lelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *