Efek Positif Mengajarkan Anak Bermain di Taman

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi modern, memunculkan semakin banyak ragam model gawai, namun disamping itu pada sisi lainnya justru fasilitas taman bermain semakin minim saja. Wajar saja jika kebanyakan dari anak-anak zaman sekarang akan lebih senang bermain gawai daripada aktif bermain di taman.

Bila kita mengingat dimasa kanak-kanak dulu, dimasa telepon genggam bukan prioritas utama, yang sering kita lakukan adalah aktif bergerak bermain bersama-sama bukan? Bila dibandingkan dengan sekarang tentu sangatlah berbeda, padahal apabila anak-anak aktif beraktivitas di taman bermain, mereka akan mempunyai banyak manfaat, entah kesehatan jangka panjangnya ataupun yang lebih besar untuk bersosialisasi dengan sekitarnya.

Dikatakan oleh seorang psikolog dari SAUH Psychological Services bernama Retno Dewanti Purba, bahwa dengan aktif bermain seorang anak akan memperoleh manfaat positif dalam perkembangan fisik, kecerdasan, dan kepribadiannya di masa mendatang.

Kemudian saat bermain, anak pun dapat mempelajari banyak hal-hal yang baru, bahkan belajar untuk mengambil keputusan.

Retno mengatakan, “Disamping anak bisa bergembira, dengan bermain sekaligus anak berlatih, seperti melatih konsentrasi dan atensi, motorik halus dan kasar, serta berguna meningkatkan sosialisasi dan kreativitas mereka.”

Dengan anak-anak aktif bermain di luar ruang, secara tidak langsung mereka akan belajar menyukai olahraga, memperkenalkannya akan olah fisik dan keseruan bertemu dengan teman sebayanya. Yang mana dapat memicu sang anak bisa belajar mengenai arti kebersamaan.

Sangat penting peran orang tua dalam mengajak anaknya untuk sesekali pergi bermain di luar ruang, melengkapi fasilitas taman bermain yang telah disediakan. Kemudian berbicara akan pentingnya taman bermain, ada suatu perusahaan multinasional produsen consumer goods yang meluncurkan program donasi Rp 500,- guna perbaikan fasilitas taman bermain.

Sambil mengusung tema ‘Selamat Tinggal Dunia Lama’, program tersebut dirangkum dalam sebuah kampanye Bright Future. Membangun dunia baru, terkhususnya untuk anak-anak. Tempat dimana anak-anak dapat tumbuh dan menjalani masa kecilnya di lingkungan yang sehat dan lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *