Fungsi Biomekanika Dalam Olahraga

Masih berkaitan juga dengan kinesilogi dan fisiologi olahraga, namun biomekanika olahraga memiliki perbedaan dalam pembahasan maupun cakupan ilmu di dalamnya. Biomekanika sendiri dapat diartikan menjadi bidang ilmu terapan mekanika yang ada pada ilmu biologi. Cakupan pembahasan yang terdapat di dalamnya meliputi tubuh manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Kemudian biomekanika olahraga bertujuan untuk memahami bentuk gerak tubuh yang paling dasar dalam aktivitas olahraga guna dikembangkan dengan baik, mengetahui secara ilmiah konsep dasar dari penerapan olahraga terhadap bentuk gerak manusia, dan memahami perkembangan di dalam gerak dasar tubuh, yakni memperoleh satu bentuk gerak yang paling cocok dengan iri fisik seseorang pada saat melakukan olahraga sehingga pelaksanaan olahraga menjadi lebih maksimal.

Dengan mempelajari biomekanika olahraga ini, dapat memberikan pemahaman tentang betapa rumitnya suatu system anatomi manusia. Pengetahuan tentang biomekanika sangat berpengaruh terhadap diri seorang atlet olahraga. Si atlet akan mampu mencegah kesalahan yang akan dilakukannya.

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada satupun manusia yang punya ciri jasmani sama dengan yang lainnya. Setiap orang akan mempunyai tipe tubuh, kekuatan otot, ataupun kelentukan yang berbeda-beda. Setiap atlet hendaknya mempunyai gerakannya sendiri, yang mana setiap gaya tersebut disesuaikan dengan ciri dari masing-masing individu.

Salah satu contoh penerapannya dalam bidang olahraga seperti saat kita menganalisis bagaimana gerak yang dilakukan dalam jenis olahraga lempar bola sesuai dengan prinsip biomekanika. Melalui analisis itu juga akan diperoleh hasil tentang kecepatan lecutan yang dihasilkan, percepatan dari lemparan, perpindahan sudut lemparan, sampai pada kecepatan akhir yang dihasilkan. Hal ini akan berdampak pada hasil akhir satu buah lemparan yang paling cepat.

Dari penerapan prinsip biomekanika, kita akan memperoleh hasil lemparan bola yang benar-benar maksimal. Hal inipun juga didapatkan dari pelaksanaan setiap bagian pelaksanaan olahraga atau khususnya lempar bola tersebut dengan benar, seperti dalam hal pegangan yang dilakukan oleh jari tangan.

Anda bisa juga menganalisis bagaimana melakukan awalan lari yang benar. Mempraktekkan bentuk gerakan lari yang mampu mencapai kecepatan maksimal. Penerapan biomekanika dalam bidang olahraga tentunya mempunyai peran serta fungsi yang besar, guna memperoleh hasil pelaksanaan yang lebih baik. Akan tetapi juga diperlukan suatu analisis yang mendalam.(beritabola)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *