Gejala Timbulnya Kram Otot untuk Maksimalkan Olahraga

Pernahkah Anda merasakan kram saat sedang berolahraga? Hal ini dapat dipicu akibat kurangnya kalium dalam tubuh. Sama halnya seperti magnesium dan kalsium, kalium merupakan senyawa elektrolit yang berfungsi dalam menjalankan fungsi tubuh.

Kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah serta membantu proses pencernaan dan fungsi sistem kinerja otot. Karenanya bila kita kekurangan kalium di dalam tubuh bisa-bisa seringmengalami kram ketika berolahraga, berikut sinyal bahwa tubuh kekurangan kalium:

  1. Kram otot

Bukan hanya otot lemas saja, tetapi juga kekurangan kalium dapat mengakibatkan sejumlah masalah lain pada otot kita loh. Jangan heran kalau ditengah-tengah aktivitas olahraga tiba-tiba mengalami nyeri otot, kejang atau kram, karena memang otot membutuhkan tingkat asupan kalium yang cukup.

  1. Otot terasa lemah

Dikatakan oleh seorang ahli diet dari AS bernama Manuel Villacorta MS, “Kalium merupakan elektrolit yang dibutuhkan otot-otot dalam tubuh Anda.” Menurutnya, bahwa gelaja awal kekurangan kalium ialah merasakan kontraksi pada otot.

Kita dapat langsung merasakan adanya keanehan di bagian otot-otot tubuh apabila tingkat kalium amat rendah. Mengapa? Karena kalium ialah elektrolit untuk membangun otot.

  1. Denyut jantung tak normal

Denyut jantung kita juga dapat terkontaminasi akibat tingkat kalium yang rendah. Bahkan, hal tersebut juga dapat menyebabkan aritmia jantung jika tingkat kalium di dalam tubuh benar-benar rendah. Dikatakan oleh pendiri Essence Nutrition di Florid, AS, bernama Monica Auslander, bahwa ketidakseimbangan elektrolit seperti halnya kalium bisa berakibat fatal.

  1. Kulit kering atau berjerawat

Ternyata tumbuhnya jerawat bukan hanya karena gangguan hormon, konsumsi makanan, atau stres. Namun kulit yang kering bisa disebabkan juga karena kekurangan kalium. Seperti yang dikatakan oleh health coach bernama Megan Lyons, yang mana gejala kekurangan kalium dapat ditandai dengan jerawat, kulit kering, ataupun ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

  1. Sering mengalami dehidrasi

Ketidakseimbangan kalium juga bisa berisiko memicu dehidrasi serta gangguan makan. Untuk menyiasatinya dengan meminum air kelapa atau juga bisa dengan banyak minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *