Hindari Konsumsi Minuman Ini Sebelum Olahraga

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat tubuh menjadi lemah, hindarilah konsumsi alkohol ketika hendak berolahraga karena akan menyebabkan kondisi tubuh menurun sangat drastis. Meminum alkohol sebelum latihan dapat membuat tubuh jadi lebih cepat dehidrasi serta akan mengacaukan keseimbangan tubuh.

Bila melakukan aktivitas fisik yang berat setelah mengonsumsi alkohol juga dapat berpotensi pada peradangan. Ternyata disamping minuman beralkohol, ada juga berbagai jenis minuman yang perlu kita hindari apabila hendak memulai olahraga, berikut terangkum 4 daftar minuman berbahaya sebelum olahraga:

1. Minuman Bersoda

Bila sebelum berolahraga kita mengonsumsi minuman bersoda, maka akibatnya perut akan terasa sakit, kembung, dan gas berlebih. Banyak sodium yang terkandung dalam soda, sehingga dapat mendorong tubuh mengalami dehidrasi. Berlaku juga halnya seperti untuk diet, minuman bersoda berpotensi akan menyebabkan pusing, migrain, dan memperburuk suasana hati.

2. Minuman berenergi yang mengandung susu

Walaupun susu memiliki setumpuk manfaat sehat, akan tetapi mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung susu justru mampu menyebabkan masalah. Karena terjadinya penumpukan protein, karbohidrat, dan lemak, sehingga sulit untuk dicerna.

3. Sports drinks

Minuman sports drinks sebenarnya tidaklah benar-benar akan mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Justru terkadang jenis minuman ini mengandung kadar gula dan elektrolit yang tinggi, sehingga dapat membuat tubuh lebih dehidrasi dari biasanya.

4. Minuman kemasan dengan rasa buah

Pada umumnya minuman kemasan yang dilengkapi oleh rasa buah-buahan, akan mengandung gula atau pemanis buatan yang tinggi, sehingga menambah kalori dalam tubuh, serta akan menghambat energi selama berolahraga.

Ditunjukkan dari hasil penelitian, bahwa yang diperlukan oleh setiap individu selama melakukan latihan fisik hanyalah minum air putih. Direkomendasikan yaitu mengonsumsi minimal 0,6 liter pada 2 jam sebelum olahraga, kemudian 0,2 liter pada saat pemanasan, serta 0,2 liter per 10 – 20 menit selama latihan, namun perlu disesuaikan juga dengan seberapa berat aktivitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *