Jenis Perawatan Dalam Fisioterapi

Jenis perawatan dalam fisioterapi
Fisioterapi adalah terapi yang dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis perawatan. Berikut berbagai perawatan yang umumnya digunakan, di antaranya:

Terapi manual
Terapi manual adalah teknik yang digunakan oleh ahli terapi fisik untuk melenturkan sendi dengan memijatnya langsung menggunakan tangan.

Stimulasi saraf transkutan listrik
Terapi ini dilakukan dengan menggunakan perangkat kecil yang digerakkan oleh baterai yang digunakan untuk mengirim arus tingkat rendah melalui elektroda yang ditaruh di permukaan kulit.

Alat fisioterapi yang satu ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit di berbagai bagian tubuh.

Terapi magnetik
Terapi yang satu ini dilakukan dengan menggunakan elektromagnet dengan berbagai jenis dan ukuran. Sama seperti stimulasi saraf transkutan listrik, alat fisioterapi ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang.

Taping
Taping adalah alat fisioterapi berupa plester elastis yang dimaksudkan untuk menyembuhkan secara alami bagian tubuh yang cedera. Caranya dengan menyangga dan menstabilkan otot serta sendi tanpa membatasi geraknya.

Alat yang diberi nama kinesio taping ini dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi, mempercepat pemulihan cedera, meringankan rasa sakit, hingga membantu mengatasi peradangan di dalam kulit.

Diathermy
Diathermy merupakan jenis terapi dengan menggunakan panas yang dialirkan melalui arus elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk menyembuhkan berbagai kondisi.

Ultrasound dan phonoperesis
Ultrasound terapeutik membantu menurunkan peradangan dengan mendorong panas ke daerah yang cedera sehingga menyembuhkan kejang otot, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak.

Sementara phonoporesis adalah teknik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk membantu penyerapan obat oles secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *