Manfaat dari Berenang Bagi Kinerja Fungsi Otak

Ternyata dengan teratur berolahraga renang, manfaat yang kita peroleh tidak hanya tampak secara fisik saja, namun juga bagi untuk kesehatan otak loh. Apabila secara fisik, tentunya sejumlah manfaat dari latihan renang ini tak perlu dijelaskan lagi, terutama dalam hal membentuk dan menguatkan otot. Akan tetapi untuk kesehatan otak, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga renang:

  1. Meningkatkan Daya ingat

Aktivitas berenang mampu memperbaiki kerusakan otak akibat stres atau mengganti sel-sel otak yang rusak. Olahraga seperi renang ini membutuhkan asupan oksigen yang besar, sehingga hippocampus di dalam otak akan ikut membesar serta aliran oksigen menjadi lebih besar.

  1. Memperbaiki Fungsi kognitif

Ketika menjalankan kegitan olahraga di air, ternyata aliran darah ke bagian otak terjadi lebih tinggi ketimbang saat kita berolahraga di darat. Peningkatan aliran darah dipercaya akan dapat membantu meningkatkan focus, memori, mood, dan kejernihan.

Seorang pelatih renang dari AS bernama Bob Prichard mengatakan, “Aliran darah ke otak akan meningkat setiap kali kita melakukan gerakan yang berulang-ulang, contohnya saja lari, atau pun menari. Namun manfaat tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi dengan cara berenang.”

  1. Kemampuan belajar

Faktanya sejumlah gerakan yang dilakukan saat berolahraga renang dapat membantu perkembangan serat saraf pada bagian corpus callosum, yakni satu daerah di dalam otak yang berperan untuk komunikasi otak kiri dan kanan. Dimana aktivitas Renang bisa mengaktifkan seluruh bagian otak secara simultan, oleh karenanya kemampuan belajar dapat ikut meningkat.

Disimpulkan dari penelitian pada tahun 2012 silam, bahwa anak yang sudah belajar berenang sejak usia muda akan mengalami perkembangan lebih cepat ketimbang dengan anak lain seusianya. Perkembangan yang dimaksud seperti halnya kemampuan motorik, koordinasi, visual motorik, dan juga tugas matematika.

  1. Memperbaiki mood

Pada saat berolahraga, seperti contohnya berenang mampu melepaskan faktor neurotropik yang ada di otak, yakni endorfin, sehingga aktivitas olahraga akan sangat baik dalam hal mengurangi kecemasan, stres, dan mood yang buruk. Aktivitas renang contohnya dapat merangsang produksi hormon yang memperbaiki mood, sehingga mengurangi gejala depresi.

Berenang juga efektif guna mengurangi rasa panik atau rasa sedih, sebab sejumlah teknik pada renang yang digunakan, misalnya saja menarik napas, menendang, dan pengulangan. Yang mana gerakan-gerakan tersebut bersifat meditatif dan mengurangi ketegangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *