Olahraga Untuk Mengurangi Gejala Hiperaktif

Bagi Anda yang merasa teman, saudara, atau mungkin diri Anda sendiri mengalami gejala hiperaktif atau ADHD, sebaiknya segeralah aktif untuk berolahraga, atau mengajak mereka untuk berolahraga. Seperti yang diungkapkan oleh para peneliti megenai gejala ADHD (hiperactivity disorder) yang pada umumnya diidap oleh orang-orang dewasa, bahwa gejala tersebut dapat diringankan dengan cara berolahraga, walau dalam jumlah ringan.

Sekilas dari media Time of India, yang mana gejala ADHD ini bisa menyebabkan berbagai masalah tubuh seperti, tingkat energi yang menurun, kinerja memburuk serta juga depresi, bahkan dapat meningkatkan kecelakaan lalu lintas bila berkendara.

Dalam studi ditemukan apabila kegiatan olahraga mempunyai manfaat secara psikologis untuk orang dewasa, sehingga mampu menekan gejala ADHD. Dikatakan oleh seorang profesor Georgia University di AS, Patrick O’Connor, “Olahraga telah terbaukti sebagai peredam stres dan mendorong suasana hati lebih baik, sehingga latihan olahraga mempunyai potensi untuk membantu penderita.”

Ditambahkan, “disamping itu bila menggunakan resep obat untuk mengobati gejala-gejala tersebut, malah dapat berisiko meningkatkan penyalahgunaan, ketergantungan, dan juga efek samping yang cenderung negatif.”

Ia juga mengatakan bahwa penderita gejala ADHD ini mempunyai risiko berbahaya dan akan semakin besar bila tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga.

Dalam studinya, peneliti mengundang 32 orang pria muda yang mengidap gejala ADHD, mereka diminta untuk melakukan kegiatan bersepeda selama 20 menit. Kemudian di hari lainnya para responden diminta duduk dan beristirahat selama 20 menit guna kontrol kondisi.

Sebelum dan sesudah kondisi yang berbeda, para peserta diminta untuk melakukan tugas yang membutuhkan konsentrasi. Kemudian barulah peneliti mencatat suasana hati, gerakan kaki, perhatian, serta motivasi melakukan tugasnya sendiri.

Hasilnya didapat, disimpulkan oleh para peneliti usai latihan bahwa para peserta tersebut merasa lebih termotivasi untuk melakukan tugasnya, mereka lebih enerjik dan tidak merasa bingung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *