Rahasia Hidup Sehat Tak Perlu Banyak Uang

Memang betul dewasa ini masyarakat sudah mulai menumbuhkan kesadaran akan gaya hidup sehat, seiring dengan perkembangan itupun banyak muncul produk-produk berlabel sehat yang turut membanjiri pasar. Ya tentunya dengan harga yang tidak murah.

Sekarang ini memang untuk memperoleh kata “sehat” tidaklah murah, kita perlu menguras tabungan yang tidak sedikit, seperti halnya membeli beraneka jenis vitamin, paket makanan diet, pressed juice, atau pergi ke pusat kebugaran. Apalagi kita mudah tergoda untuk membeli jenis sepatu yang paling trendi, ataupun untuk membayar keanggotaan gym.

Apakah harus menunggu banyak uang baru bisa hidup sehat? Padahal, kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk meningkatkan kebugaran serta mendapatkan tubuh yang sehat. Yang perlu kita lakukan ialah membuat komitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat. Berikut sejumlah cara murah yang dapat kita terapkan untuk memperoleh hidup sehat:

  1. Berjalan kaki

Sadarkah kita bahwa dalam keseharian kita kurang akan aktivitas fisik? Inilah salah satu penyebab dari rendahnya kesehatan dan tingkat kebugaran masyarakat modern. Jangan menghindari olahraga karena alasan tidak punya uang, sebab faktanya ada banyak pilihan olahraga yang mudah dan murah. Salah satunya adalah berjalan kaki.

Jangan meremehkan aktivitas ini loh, karena segudang manfaatnya seperti menjaga berat badan, memperbaiki mood, menguatkan tulang dan otot, serta juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Olahraga yang amat fleksibel ini juga dapat kita lakukan kapan dan dimana saja.

  1. Memasak sendiri

Makanan yang sehat itu adalah masakan buatan sendiri, sebab sebersih apapun kelihatannya makanan diluar, sekalipun di restoran mewah, kita tak akan dapat menjamin makanan tersebut bersih, sehat, dan terjaga kalorinya.

Cobalah untuk memasak sendiri, pilih bahan-bahan dari pasar yang segar-segar kemudian mulailah membuat dari menu yang sederhana, yang penting enak dan sehat. Jangan lupa untuk membatasi penggunaan gula, lemak, dan garam. Anda juga bisa membuat daftar menu perencanaan selama seminggu, jadi bahan-bahan yang dibeli pun dapat lebih hemat.

  1. Kurangi porsi

Kegemukan atau obesitas dipicu oleh porsi makan yang besar dan berlebihan. Bila anda merasa asupan kalori masih terlalu berlebih saat ini, mulailah mengurangi porsi makan Anda sedikit-sedikit. Kurangi asupan nasi dan memperbanyak sayuran serta lauknya. Dan jangan lupa untuk mengurangi porsi cemilan, apalagi yang mengandung gula tinggi serta berlemak tinggi seperti gorengan.

  1. Perbanyak informasi

Tidak jarang seseorang membuat pilihan yang salah dan tidak sehat. Itu sebabnya, perbanyak informasi Anda akan kesehatan dan pola makan sehat seimbang. Anda dapat membuat pilihan yang tepat dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda juga perlu mengetahui apa efek samping dari makanan yang tidak sehat bagi tubuh, dan berkesadaran kuat untuk menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *