Waktu yang Tepat Untuk Otot Dapat Berfungsi Maksimal

Memang bisa diakui bahwa untuk bangun dan keluar dari tempat tidur ketika matahari masih menutup diri untuk melakukan jogging pagi bukanlah hal yang mudah. Tanpa niat dan motivasi yang kuat, tak peduli sebanyak apapun alarm yang telah Anda pasang, pasti akan sia-sia. Memaksa diri agar mau berolahraga ketika hari masih gelap bukanlah hal yang mudah dan menyenangkan.

Namun bila dipertanyakan, apakah berolahraga di waktu sepulang bekerja adalah pilihan yang lebih baik?

Dari jawaban para ahli yang dilansir pada media, faktanya Anda memang tak perlu merasa bersalah apabila menekan tombol snooze ketika pagi hari. Dalam laporan studi di Chicago oleh Northwestern University, bahwa ternyata olahraga ketika hari sudah terang akan menjadi lebih bermanfaat untuk tubuh Anda. Kenapa deminikan?

Sebab otot-otot pada tubuhpun bisa ‘tidur’, dan dikatakan bahwa otot manusia akan bekerja secara efisien yakni ketika tubuh sudah benar-benar bangun, dimana Anda akan merasa sangat fit. Ditemukan juga oleh para peneliti bahwa daya serap tubuh akan kadar gula serta produksi asam laktat menjadi terhalang apabila otot tubuh masih sedang dalam keadaan yang tidak aktif.

BACA JUGA : Ini Dia Cara untuk Menumbuhkan Niat saat Malas Berolahraga

Sang pemimpin penelitian tersebut yakni Dr Joseph Bass, mengatakan, “Jam biologis tubuh beserta dengan oksigen akan melakukan ‘dansa’ untuk memproduksi energi di dalam sel otot tubuh, dan seberapa baik ‘dansa’ itu tersinkronisasi sangat dipengaruhi oleh pemilihan waktu saat berolahraga.”

Disimpulkan jika kualitas dari sel tubuh kita ketika menjalankan fungsinya sangat bergantung dari waktu. Guna memanipulasi respons oksigen kedalam sel tubuh, para ilmuwan pun masih terus mencari cara untuk melakukan pengaturan jam biologis tubuh.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr Josep Bass, “Bukan berarti kami mengatakan bahwa para atlet sebaiknya hanya berlatih disaat waktu tertentu saja. Melainkan, melalui informasi ini mungkin mereka bisa memperoleh keuntungan dengan mengetahui kapan sel otot mampu berfungsi paling maksimal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *