Yang Dimaksud Fisioterapi Olahraga

Disamping manfaatnya yang amat banyak untuk kesehatan, tentu saja olahraga juga mempunyai risiko terjadinya cedera. Entah itu dalam bentuk kecelakaan, seperti strain, luka memar, nyeri otot, dislokasi, ataupun tendor.

Pada umumnya cedera terjadi pada seorang atlet atau seorang pemain olahraga dikarenakan kurangnya menjalankan pemanasan atau persiapan di awal kegiatan tersebut. Ataupun contoh penyebab cedera lainnya yang kerap dialami seperti terlalu banyaknya melakukan strain serta kurang disiplin di dalam menjalankan sesi pemanasan.

Dan dari sejumlah cabang olahraga yang ada, dikatakan sepak bola ialah yang paling berisiko dan rentan mengalami cedera tersebut. Maka dari itu diperlukanlah yang namanya fisioterapi olahraga.

Apa itu Fisioterapi Olahraga?

Fisioterapi sendiri merupakan salah satu sarana dan ilmu kesehatan, diangkat dari suatu cabang ilmu yang menjelaskan tentang usaha untuk menstabilkan kembali atau upaya dalam memperbaiki suatu bentuk gangguan yang dialami oleh fungsi dari alat gerak tubuh.

Fisioterapi digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seseorang guna melakukan usaha pemeliharaan, pemulihan, dan pengembangan dari fungsi gerak dalam sistem kehidupan manusia serta terutama pada bagian tubuh yang mengalami cedera atau gangguan.

Fisioterapis adalah sebutan untuk orang yang menjalankan kegiatan fisioterapi ini. Bukan pasien dari fisioterapi melainkan seseorang yang mendalami bidang pendidikan khusus mengenai fisioterapi tersebut serta sudah lulus.

Fisioterapi berguna dalam meningkatkan kesehatan, pencegahan dari penyakit tertentu, upaya pemulihan dan penyembuhan dari timbulnya gangguan pada sistem gerak serta kesalahan fungsi organ tubuh manusia, ataupun juga sejumlah hal mengenai pelayanan kesehatan yang lainnya. Terdapat beberapa upaya dalam fisioterapi ini yang perlu dilakukan, yakni:

  1. Pencegahan atau preventif
    Upaya untuk meminimalkan suatu bentuk cedera pada golongan tertentu. Seperti contohnya dalam suatu pusat olahraga atau kebugaran tertentu ataupun bentuk pelayanan umum sebagainya.
  2. Penyembuhan atau kuratif
    Sebagai penanganan akan adanya gangguan atau masalah kesehatan yang sudah ada. Upaya kuratif memang hampir sama juga dengan pencegahan, namun dalam upaya ini kepada seseorang yang telah terkena permasalahan tersebut.

Nah salah satu bagian yang ada dalam fisioterapi yaitu dalam bidang olahraga. Ialah sebuah upaya dalam melakukan pelayanan atau penanganan akan suatu bentuk gangguan cedera yang tengah dialami oleh seorang atlet pada saat menjalankan kegiatan olahraga.

Bahkan seorang atlet sekalipun bukan berarti tidak akan mengalami cedera, di dalam olahraga, kemungkinan mengalami cedera itu selalu ada. Fisioterapis olahraga akan berperan menjadi pihak yang bertugas dalam bidang fisioterapi olahraga.

Tujuan akhir fisioterapis ini yaitu mengoptimalkan pemberian kesehatan dan membuat si atlet dapat kembali lagi untuk melanjutkan kegiatan olahraga yang dilakukannya seperti sedia kala. Fungsi dari fisioterapis olahraga ini terletak pada bagian pelaksanaan bentuk penjagaan kesehatan dalam bidang olahraga. Siapa saja mereka yang termasuk didalamnya? Yakni dokter olahraga, psikolog ataupun ahli gizi, masseur atau pemijat, serta juga didalamnya paramedis.(beritabola)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *